Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS Kabupaten Tapin 2023
Nomor Katalog : 1399013.6305
Nomor Publikasi : 63050.2319
ISSN / ISBN : 2797-2739
Tanggal Rilis : 2023-12-08
Ukuran File : 5.86 MB
Abstraksi
Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan
Publik mengatur bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik berkewajiban
melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana pelayanan publik. Salah satu
bentuk evaluasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Survei Kepuasan
Masyarakat (SKM) sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman
Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Badan Pusat
Statistik (BPS), sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik yang
menyediakan data dan informasi statistik, senantiasa berusaha memberikan
pelayanan prima kepada konsumen. BPS telah menyelenggarakan SKM secara rutin
setiap tahun yang diintegrasikan ke dalam Survei Kebutuhan Data (SKD). Survei ini selain bertujuan untuk mendapatkan
tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan data BPS, juga bertujuan untuk
mengidentifikasi kebutuhan data dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas
data yang dihasilkan BPS.
Laporan hasil
pelaksanaan SKD 2023 disajikan dalam bentuk publikasi yang berjudul “Analisis Hasil Survei
Kebutuhan Data BPS 2023”. Publikasi ini berisikan gambaran mengenai kebutuhan data konsumen dan
persepsi konsumen terhadap kinerja pelayanan PST BPS serta persepsi konsumen
terhadap kualitas data BPS. Indikator utama yang disajikan dalam publikasi ini
mencakup Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi
(IPAK).